GeForce GTX 780 adiknya versi GTX TITAN

 
Hari penantian akhirnya tiba juga. Hari ini ( menjadi penanda NVIDIA resmi menghadirkan graphics card generasi terbaru mereka, GeForce GTX 700. Sebagai menu pembuka, hari ini NVIDIA resmi meluncurkan GeForce GTX 780. Graphics card kelas atas ini diposisikan di antara GeForce GTX 680 dan GeForce GTX TITAN.

Untuk mewujudkan sebuah GeForce GTX 780, NVIDIA melakukan pemangkasan spesifikasi pada GeForce GTX TITAN. Ya! Dua graphics card ini boleh dikatakan menggunakan hardware mirip satu sama lain. Tentu saja dengan spesifikasi lebih rendah, GeForce GTX 780 ditawarkan dengan harga lebih murah dengan kisaran harga $649 (MSRP online). 

Graphics card ini mampu menciptakan kelas performa sendiri di antara GeForce GTX 680 dan GeForce GTX TITAN. Secara keseluruhan performa GeForce GTX 780 mampu diandalkan untuk menjalankan game keluaran terbaru dengan lancar meskipun menggunakan setting kualitas grafik terbaik milik game tersebut pada resolusi gambar tinggi.


Ada hal menarik yang kami jumpai pada performa GeForce GTX 780 dibandingkan GeForce GTX TITAN. Dengan selisih performa maksimal tidak sampai 15%, GeForce GTX 780 dijual pada kisaran harga lebih murah sekitar $350 dibandingkan GeForce GTX TITAN. Bahkan pada game tertentu selisih performa di antara kedua graphics card itu tergolong kecil hanya sekitar 5% saja. Tentu saja hal ini membuat GeForce GTX 780 menjadi pilihan menarik bagi gamer karena mereka bisa memiliki sebuah graphics card dengan performa mendekati GeForce GTX TITAN tetapi dengan harga jauh lebih murah.

Dibandingkan GeForce GTX 680, GeForce GTX 780 ternyata mampu menawarkan performa lebih kencang hingga di atas 30%. Tentu saja untuk mendapatkan performa seperti itu, gamer perlu merogoh kocek sekitar $220 lebih tinggi mengingat GeForce GTX 680 kini sudah ditawarkan pada kisaran harga $429 (MSRP online). Dengan selisih harga dan peningkatan performa seperti itu, tampaknya gamer yang memiliki GeForce GTX 680 akan sulit beralih ke GeForce GTX 780 jika ingin meng-upgrade graphics card mereka.


GeForce GTX 780 saat ini dapat dinobatkan sebagai graphics card single-GPU paling kencang kedua di muka bumi. Dengan performa tidak terlampau jauh dari GeForce GTX TITAN tetapi dengan harga lebih murah sekitar $350 (MSRP online), GeForce GTX 780 merupakan incaran menarik bagi gamer yang mencari graphics card kelas atas untuk menjalankan game kesayangan mereka dengan lancar. Terlebih GeForce GTX 780 juga mewarisi beberapa feature eksklusif GeForce GTX TITAN seperti GPU Boost 2.0 dan juga Display Overclocking.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar