Tablet Google Nexus

Google telah memastikan meluncurkan komputer tablet sendiri yang kabarnya akan dinamakan tablet Nexus. Belum jelas vendor mana yang akan digandeng Google, namun kabar terakhir mengarah kepada Asus untuk mengembangkan tablet 7 inci. Google Nexus tablet ini diperkirakan muncul di awal bulan Mei dengan kisaran harga antara $199 hingga $249. Google memposisikan Nexus tablet sebagai “Kindle Fire killer”.

Menurut laporan media Taiwan, DigiTimes, Asus telah dipercaya Google untuk membuat tablet Nexus dengan ukuran 7 inch. Selain Asus, kandidat lain adalah Acer dan HTC. Namun pilihan akhirnya mengarah pada Asus yang sudah berpengalaman membuat berbagai macam tablet Android. Asus Transformer Prime misalnya, adalah tablet pertama yang memakai Android Ice Cream Sandwich.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, tablet Google Nexus mungkin akan mirip dengan Asus MeMo 370T yang tampil di ajang CES 2012 menggunakan Nvidia Tegra 3. Spesifikasi tablet Google Nexus kemungkinan ditenagai oleh Nvidia Tegra 3 quad-core, layar 7 inci dengan resolusi 1280 x 800 dengan kapasitas penyimpanan hingga 1GB.

Tablet Google Nexus diperkirakan menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau mungkin menggunakan Android 5.0 Jelly Bean. Mengingat track record Asus yang cukup baik di dunia tablet melalui produk transformer-nya, tampaknya tablet Google Nexus akan mendapatkan posisi yang bagus di pasaran.

Google tampaknya yakin akan kesuksesan tablet Android perdananya kali ini. Karena Kindle Fire yang hanya dijual di beberapa negara saja ternyata cukup laris manis. Kindle Fire menggunakan Android "yang dipangkas" dan tidak memiliki layanan Google Suite. Inilah yang menjadi kekuatan Google untuk masuk ke bisnis tablet Android.

Kendati demikian, tablet Google Nexus hanya akan menyertakan memori internal lebih kecil, sepertinya di bawah 4 GB. Hal itu dilakukan agar perangkat tersebut lebih ringan dan murah, dengan asumsi pengguna bisa menambahkan memori eksternal karena perangkat ini akan ditambahkan slot kartu MicroSD.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar