Meteor jatuh di Rusia

Menteri Kesehatan Daerah Marina Mokvicheva di Chelyabinsk, Rusia, menyebutkan 985 orang luka-luka pasca hujan meteor yang melanda wilayah ini. Pihak akademi Rusia juga memaparkan berat meteor yang melanda wilayah Chelyabinsk mencapai 10 ton.

Seperti yang dikutip dari washingtonpost.com, Jumat (15/2/2013), Marina menjelaskan 985 orang mencari bantuan medis karena luka-luka akibat pecahan material dampak dari ledakan tumbukan meteor. 43 orang diantaranya dirawat serius di rumah sakit setempat. Sementara, Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia memperkirakan meteor yang jatuh di Chelyabinsk memiliki berat 10 ton saat jatuh ke bumi pada kecepatan 12 mil per detik.

Akibat kejadian ini, sejumlah orang di lokasi jatuhnya meteor mendapati lubang berdiameter 6 meter di sebuah danau di barat Chelyabinsk.

Warga Chelyabinsk menuturkan meteor tampak pada pukul 09.20 waktu setempat, bentangan asap panjang di langit yang disertai suara gemuruh membuat panik warga setempat. Kemudian sinar terang mendekat dan tak lama setelah itu muncul suara yang memekakkan telinga. Kaca-kaca pecah, ratusan alarm mobil berbunyi, dan tanah sempat bergetar.

Hingga saat ini belum ditemukan adanya laporan kematian akibat peristiwa luar biasa ini, hanya luka akibat pecahan material bangunan dan benturan di kepala. (detik.com)

Hujan meteor di Rusia tengah dilaporkan telah melukai sejumlah warga dan menghancurkan jendela.
Bebatuan yang menyala dan membakar ini bisa dilihat dari jarak ratusan kilometer saat berjatuhan di kawasan Ural.


Hujan meteor di Rusia tengah dilaporkan telah melukai sejumlah warga dan menghancurkan jendela.

Bebatuan yang menyala dan membakar ini bisa dilihat dari jarak ratusan kilometer saat berjatuhan di kawasan Ural.Warga Chelyabinsk melaporkan adanya getaran di tanah, kaca jendela pecah dan alarm mobil menyala saat meteor menghujani kawasan tersebut. Jejak benda langit yang berjatuhan tersebut juga bisa dilihat di Yekaterinburg, sekitar 200km tenggara Chelyabinsk, kata seorang saksi mata kepada kantor berita Reuters.

"Sebuah meteor meledak di atas kawasan Chelyabinsk," kata seorang juru bicara kementerian darurat kepada Interfax. Seorang saksi mata di Chelyabinsk mengatakan ledakan keras terdengar Jumat pagi dan getaran bisa dirasakan di bangunan 19 lantai di pusat kota.

Kantor berita Rusia, Interfax mengatakan laporan awal mengindikasikan empat orang terluka akibat pecahan kaca. Warga di Chelyabinsk dan Sverdlovsk dilaporkan melihat ''obyek terbakar'' di langit. Tayangan video dan foto meteor yang jatuh di Rusia ini juga telah tersebar di situs jejaring sosial. (http://www.bbc.co.uk/indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar